Sunday, March 20, 2016

15 Tempat Wisata Terbaik di Sidoarjo Jawa Timur

Sidoarjo adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Daerah ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.

Sidoarjo sebagai salah satu penyangga Ibukota Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang mengalami perkembangan pesat. Keberhasilan ini dicapai karena berbagai potensi yang ada di wilayahnya seperti industri dan perdagangan, pariwisata, serta usaha kecil dan menengah dapat dikemas dengan baik dan terarah. Dengan adanya berbagai potensi daerah serta dukungan sumber daya manusia yang memadai, maka dalam perkembangannya Sidoarjo mampu menjadi salah satu daerah strategis bagi pengembangan perekonomian regional.

Sidoarjo sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Sidoarjo, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 15 daftar Tempat Wisata Terbaik di Sidoarjo yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Sidoarjo

1. Pantai Kepetingan



Pantai Kepetingan merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Sidoarjo. Pantai ini terletak di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Untuk mencapai tempat ini anda diharuskan menggunakan jalur laut. Pantai Kepetingan berada dii wilayah pedalaman Sidoarjo Tak banyak yang tahu bahwa Sidoarjo memiliki tempat wisata bernuansa alam. Seperti sungai di pedalaman Kalimantan, sepanjang perjalanan menyusuri pantai kamu akan disuguhkan dengan hijaunya daun dari hutan bakau, merdunya kicauan burung yang bersahutan bertengger seakan menjadi hiburan tersendiri. Pantai ini sangat ramai dikunjungi diakhir pekan, terlebih lagi ketika diadakan upacara Nyadran, ritual sedekah laut yang dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

2. Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Sarinah



Wisata Bahari Tlocor lokasinya terletak di Kampung Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Pulau Sarinah terbentuk karena proses sedimentasi Lumpur Lapindo, tak disangka bahwa lokasi ini mampu menarik minat para wisatawan. Suasana hutan bakau yang sejuk dan tenang adalah salah satu magnetnya. Masih di lokasi yang sama juga terdapat Pantai Telocor, para pengunjung dapat menaiki perahu untuk bisa menyusuri pantai ini. Disini anda akan disuguhkan dengan hijaunya tanaman bakau di samping kiri kanan pesisir. Desiran ombak kecil membuat perahumu sedikit bergoyang menjadi tantangan tersendiri untuk kamu coba. Terdapat juga dermaga buatan yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan perahu merapat. Karena  areal yang dimiliki Pulau Telocor cukup luas.

3. Lumpur Lapindo



Lumpur Lapindo merupakan sebuah bencana alam yang awalnya dimulai dengan peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran. Lapindo Brantas Inc. di Sudun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan lumpur tersebut terus meluas hingga akhirnya menenggelamkan beberapa kawasan pemukiman dan perindustrian di tiga kecamatan sekitarnya. Namun seiring perkembangannya, Lumpur Lapindo kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Sidoarjo. Semburan lumpur berasap yang kini mesih mengepul di tengahnya menjadi daya tarik tersendiri. Ketika di atas tanggul, wisatawan bakal melihat hamparan air yang luas dan kepulan asap tepat di tengahnya. Nggak heran bila sebagian warga menyebutnya wisata ‘Waduk Berasap’. Meski demikian kamu harus tetap berhati-hati dan menjada jarak jika mengunjungi tempat ini sebab lumpur lapindo dapat menyembur sewaktu-waktu.

4. Candi Pari



Candi Pari merupakan candi yang berbentuk segi empat yang terbuat dari batu bata, lokasinya terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, hanya beberapa kilometer dari pusat semburan lumpur. Candi Pari adalah candi peninggalan majapahit yang dibangun pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk. Jika berwisata ke tempat ini akan membawa anda pada nuansa religi agama hindu yang sangat kental. Di sekitar candi anda juga akan menemukan arca siwa mahadewa, dua arca Agastya dan 7 arca Ganesha. Di candi ini anda bisa berekreasi sambil belajar tentang sejarah candi ini, maka memang Candi ini juga sangat cocok untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga anda. Gaya arsitektur yang tergambar dari candi ini sangat mirip dengan bangunan yang ada di negara Vietnam. Selain Candi Pari juga terdapat Candi Sumur dengan lokasi yang berdekatan pula.

5. Museum Mpu Tantular 



Museum Mpu Tantular terletak di Jalan Raya Buduran, sebuah wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Museum Mpu Tantular berada di area lahan dengan luas 3,28 hektar. Museum Mpu Tantular menyimpan banyak peninggalan bersejarah, seperti emas dan lukisan yang dibuat pada abad ke-14. Keberadaan museum ini sangat penting untuk memperkenalkan kebudayaan nusantara pada generasi penerus. Koleksi benda bersejarah yang dimiliki membuatmu betah berkeliling di dalamnya, mulai dari koleksi emas, etnografi, numismatik, geologi biologi hingga seni rupa pada abad ke-14.

6. Makam Putri Ayu Sekar Dadu


Makam-putri-ayu-sekar-dadu

Makam yang ada di dusun kepentingan, desa sawoan, kecamatan Buduran ini akan menyuguhkan wisata ziarah yang sangat sakral. Putri ayu sekar dadu merupakan putri dari raja blambangan dan diyakini sebagai ibu dari Sunan Giri.Setiap selesai nyadran, banyak masyarakat yang menyempatkan ziarah ke tempat ini sehingga tempat ini termasuk sebagai tempat wisata budaya dan rohani sidoarjo yang sangat menarik

7. Sungai Porong 



Sungai Porong berada di desa Tlocor, Kec. Jabon, Sidoarjo bagian selatan. Potensi wisata yang ditawarkan tempat ini adalah mengajak wisatawan menyusuri sungai Porong, hingga ke bagian muara terdapat pulau baru hasil sedimentasi lumpur Lapindo, Pulau Sarinah. Di pulau ini, wisatawan bisa menikmati sunrise maupun sunset layaknya di Pantai Kuta Bali. Saking nyamannya, banyak wistawan menghabiskan waktunya di pulau yang namanya bermula dari sebutan warga lokal ini, untuk memancing. 

8. Delta Fishing



Delta Fishing merupakan wahana pemancingan sekaligus tempat rekreasi bagi keluarga, lokasinya terletak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Selain menyediakan wahana pemancingan, disini tersedia beberapa wahana permainan yang bisa pengunjung nikmati seperti flying fox, outbound, kolam renang, sepeda air dan masih banyak lagi lainnya. Bagi kamu yang hobi memancing sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke sebuah pemancingan ini. Bisa dikatakan bahwa lokasi wisata pemancingan Delta Fishing ini merupakan wisata keluarga yang komplit untuk masing-masing anggota keluarga dengan hobi yang berbeda bisa dilakukan di satu lokasi. Ikan – ikan berenang bebas di kolam seperti mujaer, bawal dan gurami. Disini juga kamu ternyata bisa ikut berenang lho, namun tentunya sudah disediakan kolam renang khusus.

9. Kolam Pemancingan Sedati



Kolam Pemancingan Sedati terletak di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Tempat ini merupakan surga bagi para pemancing yang ingin menjajal skill untuk mendapatkan berbagai jenis ikan, mulai dari tombro, gurame, hingga patin. Kamu tak perlu repot membawa alat pancing jika berada disini sebab biasanya sang pengelola sudah memberikan paket lengkapnya. Plus, kamu bisa langsung mengolah hasil pancingan menjadi makanan segar yang siap disantap sambil menikmati suasana kolam pancing.

10. Sentra Tas Tanggulangin



Sentra Tas Tanggulangin Sidoarjo merupakan pusat penjualan tas wanita, tas-tas yang diproduksi ini sudah sering di impor ke luar negeri. Karena memang modelnya menarik dan terbuat dari bahan yang awet. Bagi pengunjung domestik jangan takut terhadap harganya, sebab para penjual akan sangat bersahabat dengan wisatawan domestik yang ingin berbelanja tas di sentra Tas Tanggulangi. Lokasi ini terdapat di jalan Desa Kludan, tidak hanya terdapat satu atau dua kios penjual tas namun hampir disepanjang jalan telah dipenuhi oleh toko yang menjual tas-tasnya yang mempesona dengan harga bersaing. Salah satu produsen besar tas Tanggulangin ini adalah INTAKO. Sukses memenuhi standar kualitas tas di pasar dunia, membuat handmade bag dari Tanggulangin banyak diminati masyarakat mancanegara. 

11. Kampung Batik Jetis



Kampung Batik Jetis terletak di pusat kota atau tepatnya di jalan Diponegoro Sidoarjo, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya. Batik tulis bermotif burung merak ini merupakan salah satu batik khas Sidoarjo. Karena terletak di pusat kota atau tepatnya di Jalan Diponegoro Sidoarjo, sentra batik ini bisa dengan mudah ditemukan. Selain itu, di gapura masuknya terdapat tulisan ‘Kampung Batik Jetis’ super besar, sehingga bisa mempermudah wisatawan untuk berwisata belanja. Disini terdapat banyak warga yang menjual hasil karya batiknya di rumah masing-masing dengan pilihan harga yang bervariasi. Selain bisa berbelanja batik, di lokasi ini anda juga bisa melihat secara langsung kegiatan melukis batik di atas kain. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kawasan lokasi ini adalah sebuah lokasi wisata belanja sekaligus wisata budaya.

12. Kampung Sepatu Krian Sidoarjo



Sidoarjo mempunyai Kampung Sepatu Krian. Di tempat ini para wisatawan dapat membeli berbagai jenis sepatu dan sandal yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan teman-teman. Kampung ini terletak di Kelurahan Masangan Krian Kabupaten Sidoarjo. Selain tempat wisata yang bersejarah juga ada tempat wisata belanja yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama untuk Anda yang senang berbelanja. Disini terdapat banyak sekali sepatu asli buatan Sidoarjo dengan kualitas terbaik, mungkin tempat wisata yang satu ini mirip dengan Cibaduyut yang ada di Bandung.

13. Monumen Sidoarjo



Potensi wisata yang perlu disinggahi saat berkunjung ke Sidoarjo adalah Alun-Alun Sidoarjo. Pepohonan raksasa yang rimbun membuat alun-alun bergaya kolonial Hinda-Belanda ini tampak begitu teduh. Di tengah alun-alun menjulang Monumen Sidoarjo dengan logo Udang dan Bandeng raksasa. Landmark kota ini kian lengkap dengan kehadiran Masjid Agung Sidoarjo dan bangunan kuno yang masih berfungsi sebagai kantor pemerintahan dan bank. Namun, alasan utama kenapa wisatawan perlu datang ke sini, sebenarnya karena di pusat jajanan alun. Disini kamu bisa melihat monumen Sidoarjo berupa logo bandeng dan udang di tengah sejuknya hawa kota. Karena suasana yang sejuk, tak jarang banyak penduduk yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk tempat jogging dan bersepeda. 

14. Ritual Nyadran Kepetingan 



Kepetingan adalah tradisi Nyadran yang masih lestari. Ritual sedekah laut ini digelar sebagai bentuk syukur warga lokal atas ikan di laut Sidoarjo yang melimpah. Nyadran kian semarak saat dilakukan dengan iring-iringan perahu yang disertai tabuhan gamelan menuju Pantai Kepetingan di pagi hari. Nyadran biasa digelar saat musim libur panjang, sehingga menjadi momen yang pas bagi wisatawan yang ingin menikmati pengalaman wisata yang berbeda. Setiap bulan ruwah atau sekitar 1 minggu sebelum bulan puasa, masyarakat desa balongbendo mengadakan nyadran sebagai wujud ungkapan terima kasih kepada Sang Pencipta. Bentuk kegiatan nyadran ini berupa pesta peragaan cara mengambil kupang di tengah laut dimana pesta puncaknya yakni pada malam hari tepatnya tengah malam. 

15. Sun City WaterPark



Sun City Waterpark merupakan taman bermain air yang berdiri sejak 2004, lokasinya terletak di Jalan Pahlawan Sidoarjo. Sama seperti waterpark lainnya, taman bermain air ini juga menyediakan berbagai wahana permainan yang bisa pengunjung nikmati, anda sudah bisa bermain di waterpark ini dengan berbagai wahana yang tersedia, selain itu disini juga tersedia outbound dan flying fox, waterboom ini cukup lengkap dan memuaskan dari segi fasilitasnya. Disini kamu bisa bermain air sepuasnya serta menikmati wahana-wahana yang menggoda. Meskipun baru dibangun sekitar 10 tahun yang lalu, namun perkembangan obyek wisata ini cukup pesat dari waktu ke waktu. Beberapa fasilitas di tempat ini adalah life guard, panggung hiburan, dan medical center. Untuk wahana air juga tak kalah menarik yaitu dragon sliding, water boom dan lain-lain.

Artikel Terkait

15 Tempat Wisata Terbaik di Sidoarjo Jawa Timur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email