Friday, January 22, 2016

25 Tempat Wisata Terbaik di Situbondo Jawa Timur

Situbondo adalah sebuah daerah di Jawa Timur, Daerah ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif. 

Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.

Situbondo sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 25 daftar Tempat Wisata Terbaik di Situbondo yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Situbondo

1. Puncak Rengganis Argopuro



Gunung Argopuro mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Merupakan bekas Gunung Berapi yang sudah tidak aktif . Gunung ini termasuk bagian dari pegunungan Iyang. Ada beberapa puncak yang dimiliki gunung ini, puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis. Dipuncak ini terdapat situs Rengganis berupa teras-teras berundak yang terdiri dari 3 kompleks kepurbakalaan dengan 5 bekas bangunan. Menurut legenda bangunan ini merupakan bekas kerajaan Dewi Rengganis.

2. Padang Rumput Sikasur



Sikasur, adalah sebuah hamparan padang rumput hijau dan asri yang terletak di Situbondo. Padang rumput Sikasur terletak di antara Gunung Hyan atau lebih dikenal dengan Argopuro dan Puncak Rengganis, tepatnya berada di desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, sekitar 18 Km arah selatan dari Besuki. Saat mengunjungi padang rumput Sikasur, akan ditemukan danau bernama Sitanjung yang akan menambah keeksotisan padang rumput ini secara nyata.

3. Taman Nasional Baluran



Taman Nasional Baluran terletak di Ujung Timur Kabupaten Situbondo masuk dalam wilayah Kecamatan Banyuputih. Obyek wisata ini mudah dicapai mengingat lokasinya yang berada tepat dipinggirJalan Raya menuju Bantyuwangi. Gugusan pantai dari sisi timur hingga utara membentang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini merupakan konservasi suaka flora & fauna. Wisatawan dapat menikmati padang rumput dan hutan, dimana didiami sejumlah hewan yang dilindungi, seperti Banteng, kerbau liar, rusa dan Merak. Biasanya hewan tersebut marak dikunjungi wisatawan.

4. Padang Savana


Situbondo memiliki padang savana yang sangat luas di kawasan Taman Nasional Baluran. Padang savana ini mirip dengan yang dimiliki oleh negara-negara di Amerika, Afrika, dll. Sama-sama eksotis, indah, dan luas. Background gunung Baluran yang gagah dan menjulang tinggi semakin memperindah pemandangan di sekitar padang savana ini. Bahkan di tempat ini kamu bisa melihat hewan bebas berkeliaran keluar masuk hutan, seperti hewan rusa, banteng, merak, dan kera.

5. Bekol Savannah



Bekol dan Semiang merupakan pos untuk pengamatan satwa seperti ayam hutan, rusa, merak, kerbau liar, banteng, dan burung dimana terdapat sebuah menara padang yang berfungsi untuk pengawasan tersebut.

6. Pantai Pasir Putih



Pantai Pasir Putih di Kabupaten Situbondo, Jawa  Timur, dikenal karena hamparan pasirnya yang putih. Tak hanya itu, morfologi pantai inipun terbilang unik. Topografinya yang melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan panorama yang sangat indah. Ke arah  utara, wisatawan dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di  pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menyajikan kesejukan tersendiri.

7. Pantai Bilik Situbondo



Pantai bilik terletak di dalam kawasan taman nasional baluran tepatnya di labuan merak kecamatan banyu putih kabupaten situbondo, wisata di situbondo tentunya pantai pasir putih lah yang  menjadi destinasi utama anda.namun di balik ramainya pengunjung pantai pasir putih situbondo. situbondo juga banyak menyimpan tempat tempat wisata laut yang indah dan tersembunyi salah satunya pantai bilik.    Secara keseluruhan pantai bilik terbagi  menjadi 4 pantai dengan karakter yang berbeda beda mulai dari warna pasir serta kejernian air dan ombak. Pantai bilik merupakan salah satu pantai yang bernuansa gunung di jawa timur.

8. Pantai Lempuyang



Pantai Lempuyang masuk ke dalam wilayah konservasi TNI—Baluran. Pantai berpasir putih ini sangat bersih dengan pemandangan karang laut yang masih alami. Garis Pantai Lempuyang menjorok ke dalam sehingga terlihat seperti huruf U bila disaksikan dari ketinggian. Di sisi kanan dan kirinya terlihat pohon mangrove yang tumbuh menjorok ke lautan. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pohon mangrove dan melihat ikan-ikan berseliweran di antara akar pohon.

9. Pantai Tangsi



Pantai Tangsi yang ada di Desa Semiring, Situbondo ini memiliki pesona yang masih bersih dari sampah. Daya tarik pantai ini sangat memanjakan mata dengan pantainya yang lebar dan adanya mercusuar. Terdapat pohon bakau di dekat pantai, Anda bisa bermain-main di sekitarnya. Dulu, area sekitar Pantai Tangsi dijadikan sebagai tempat kilang minyak, saat ini lokasi sudah berubah menjadi tambak ikan. Di sekitar pantai, sudah tersedia fasilitas warung penyedia ikan bakar dan olahan laut lainnya.

10. Pantai Keperan



Pantai Keperan berada di desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo. Ombak Pantai Keperan cukup besar. Di pantai ini Anda akan menemukan tempat di mana para nelayan menjual hasil tangkapan. Pemandangan di Pantai Keperan cukup bagus, dihiasi dengan perahu-perahu nelayan, tambak ikan, dan tanaman bakau akan membuat seni fotografi humanisme Anda semakin menarik. Lokasi berdekatan dengan Pantai Tangsi.

11. Pantai Pathek



Pantai Pathek berbeda dengan pantai Pasir Putih yang ramai dengan pengunjung, pantai pathek ini lebih sepi dan pemandangannya lebih asri. Cocok banget kalau kamu datang berombongan dengan keuarga atau dengan teman teman. Mengobrol di warung warung pinggir pantai dan makan rujak cingur. Tunggulah hingga sunset, karena sunset di pantai pathek sangat indah dan instagramable.

12. Pantai Tampora



Pantai ini terletak di Kecamatan Banyuglugur. Kamu harus menempuh waktu sekitar 1 jam ke arah barat dari pusat Kabupaten Situbondo untuk bisa sampai ke lokasi ini. Suasananya cukup tenang dengan pemandangan yang tak kalah indah dari pantai-pantai lain di Indonesia. Kamu harus mengagendakan suatu saat nanti akan ke tempat-tempat ini. Pantai ini tak kalah keren dengan pantai lainnya yang ada di situbondo.

13. Pantai Balanan



Pantai Balanan berjarak sekitar 3 km ke arah barat untuk sampai di sebuah lokasi yang tak kalah indah dari pantai bama. Ini dia pantai balanan yang jernih itu. Akses jalan yang berupa tanah bercampur pasir ini akan membawamu menuju sebuah pantai dengan hamparan pasir putih, tebing batu, dan jejeran pohon kecil yang tumbuh di tengah laut. Seolah pohon-pohon itu tumbuh di atas air.

14. Pantai Banongan



Pantai Banongan adalah salah satu pantai di Situbondo yang menawarkan keaslian suasana dengan udara laut yang segar. Di sekitar pantai terdapat jajaran pohon kelapa yang merupakan miliki pemerintah kabupaten Situbondo sebagai salah satu perkebunan kelapa miliki negara.

15. Pantai Bama



Pantai keren ini juga terletak tak jauh dari padang savana, dengan jaraknya sekitar 2 km. Pantai ini masih masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Baluran. Sama seperti padang savana, pantai bama diawasi penuh oleh pihak Perhutani Kabupaten Situbondo agar kelestariannya tetap terjaga. Di pantai ini, terkenal sekali keindahan terumbu karangnya. Kalau kamu ingin menengok keelokan terumbu karang pantai bama, maka kamu bisa menyewa peralatan snorkling atau diving yang sudah disiapkan oleh petugas. Jadi kamu cukup datang dan bawa baju ganti saja.

16. Air terjun setancak



Air Terjun Setancak diambil dari kata daerah setempat yaitu kata ‘Tancak’ (dalam bahasa Madura) yang artinya adalah air yang memancar. Hal ini menggambarkan asal muasal terbentuknya air terjun Setancak yang keluar dari dalam tanah secara tiba-tiba. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 8 meter dan lebar mencapai hingga 10 meter. Selain pemandangan air terjun, ditempat ini, akan disuguhi dengan pemandangan menarik lainnya, yaitu populasi burung Walet disamping air terjun. Konon air terjun Setancak ini merupakan tempat pemandian burung-burung walet. 

17. Air Terjun Talempong



Objek wisata air terjun Talempong ini adalah salah satu objek wisata yang instagramable, terletak di desa Talempong kecamatan Banyuglugur kabupaten Situbondo. Kamu harus berjalan kaki kurang lebih 2 km untuk bisa mencapai air terjun Talempong ini. Tapi jauhnya perjalanan akan tidak terasa karena pemandangannya sangat alami dan indah belum ada pengembangan, jadi kamu bisa foto foto di air terjun Talempong ini dengan background pemandangan alam yang sangat alami dan upload deh ke instagram.

18. Bendungan Curah Cottok



Bendungan Curah Cottok berlokasi di desa Curahcottok Kec. Kapongan. Waduk ini merupakan waduk alami yang di gunakan sebagai sarana irigasi untuk areal pertanian sekitarnya, air di waduk ini berasal dari sumber mata air di sekitar Waduk dan air hujan. Pada musim kemarau debit air sedikit, Waduk ini berjarak kurang lebih 1 km dari jalan desa. Ramai dikunjungi pada hari libur khususnya hari minggu. Waduk ini memiliki cukup potensi untuk dikembangkan mengingat waduk ini merupakn waduk alami, di mana debit air tersedia sepanjang tahun.

19. Pelabuhan Jangkar



Di Kabupaten Situbondo terdapat sebuah pelabuhan utama yang disebut dengan pelabuhan Jangkar dan merupakan pelabuhan dengan daya tarik tersendiri karena pelabuhan ini termasuk pelabuhan tradisional di masa kini. Pelabuhan ini terletak di kecamatan Asembagus, 35 Km arah timur kota Situbondo. Disekitar pelabuhan ini banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana dengan memancing, berjalan keliling pantai, berenang atau melakukan pelayaran dari Situbondo ke Kalianger, Madura.

20. Pelabuhan Rakyat Panarukan



Pelabuhan Panarukan merupakan dermaga sisa Belanda yang didirikan pada sekitar tahun 1980 dengan nama Maactschappij Panaroekan dulunya pelabuhan ini di gunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal besar namun seiring dengan mendangkalnya pantai, saat ini pelabuhan panarukan digunakan untuk dermaga kapal kecil.  Kapal-kapl yang masuk ke panarukan umumnya membawa hasil laut, sedang yang keluar dari pelabuhan panarukan membawa hasil bumi atau sembako,dll. Disekitar pelabuhan terdapat perkampungan penduduk khas pesisir dengan perahu nelayan berjejer, nilai histories pelabuhan panarukan ditambah aktifitas bongkar muat pelabuhan serta aktifitas nelayan sekitar, merupakan daya tarik tersendiri untuk penyusunan sebuah paket wisata.

21. Perkebunan Kopi Kayu Mas



Perkebunan Kayumas terletak di Kecamatan Arjasa kurang lebih 47 km dari kota situbondo dan 34 km dari kecamatan Arjasa kearah timur laut dengan ketinggian 760 s/d 1.550 Meter di atas permukaan laut. Awalnya adalah kebun kopi Arabica dan sedikit tanaman kina yang dibangun pada tahun 1886 dengan nama NV Mijt dan Van Landem Kajumas hingga tahun 1957, berdasarkan UUD.86 tahun 1958 Perkebunan kayumas di Nasionalisasi menjadi pusat perkebunan Negara baru (PPND). Dan sejak tahun 1996 Perusahaan di Restrukturisasi menjadi PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero). Komoditi utama yang dibudidayakan adalah Kopi Arabika dengan brand name “ JAVA COFFEE KAYUMAS”. Saat ini PTPN. Kayumas mengembangkan produk kopi luwak. 

22. Arung Jeram



Selain lokasi wisata yang memanjakan mata dan sifatnya santai, ada pilihan wisata baru di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Kalau kamu memilih jenis wisata ini, bisa dipastikan bukan lagi rasa santai yang ada. Lokasi wisata ini kira-kira berada pada jarak 40 km dari pusat kota Situbondo. Kamu akan menikmati derasnya aliran sungai dengan pemandangan sawah serta tebing tinggi di sepanjang pinggir sungai. Menantang!

23. Pabrik Gula Olean



Pabrik Gula Olean merupakan salah satu warisan kolonial belanda yang sampai saat ini masih beroperasi, dari 4 pabrik gula sisa peninggalan colonial belanda yang ada di kabupaten situbondo, PG.Olean merupakan pabrik gula tertua yang didirikan tahun 1846. Menggunakan mesin uap dalam operasionalnya PG.Olean di usulkan untuk menjadi salah satu warisan dunia(world heritage). Lokasi PG. Olean berada di kecamatan situbondo kurang lebih 3 Km dari pusat kota. Dengan segala fasilitas yang di miliki (mesin uap, ketel uap) PG. Olean menawarkan daya tarik tersendiri untuk dikembangkan.Wisata sejarah pendidikan sangat tepat untuk di kembangkan di PG. Olean, guna pengembangkan PG. 

24. Industri Genteng Kalibagor



Sentra industri genteng terletak di desa Kalibagor Kec. Situbondo, lokasi sentra ini berada di pinggir jalan raya arah menuju ke bondowoso, proses pembuatan genteng akan sangat menarik jika di jadikan sebuah paket wisata. Lokasi sentra ini layak untuk di kembangkan menjadi obyek wisata psndidikan.

25. Kolam Renang Tirta Pandawa



Kolam renang Tirta Pandawa merupakan kolam renang yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Situbondo maupun dari luar Situbondo. Kolam renang ini memiliki kejernihan air yang bagus dan suasana yang mendukung untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Kolam renangnya bersih. Terdiri dari dua kolam renang, yang satu untuk dewasa dan satu lagi untuk anak-anak. Kolam dewasa berukuran sekitar 25 x 15 m. Kedalamannya secara gradual berubah sepanjang kolam, mulai dari 125 cm menjadi 150cm dan 175 cm. Setelah itu kembali menjadi 150cm di ujung yang satu lagi.

Artikel Terkait

25 Tempat Wisata Terbaik di Situbondo Jawa Timur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

March 26, 2018 at 8:38 PM delete

terima kasih atas segala informasinya,sangat membantu sekali
dktour jogja

Reply
avatar
March 26, 2018 at 8:41 PM delete

terima kasih atas segala informasinya,sangat membantu sekali
dktour jogja

Reply
avatar