Monday, January 25, 2016

Kopi Batok Ponorogo

Kopi Batok Ponorogo
Angkringan atau warung kopi pinggir jalan di Ponorogo semakin bervariasi. Sekarang ini setiap angkringan di Ponorogo berlomba menawarkan ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan angkringan ini, “Angkringan Kopi Bathok”. Terletak di Jalan Gajah Mada (barat perempatan Gajah mada, seberang KPP Pratama), angkringan yang sudah memasuki usia tahun keenam ini menyajikan menu spesialnya adalah Kopi Bathok.
mbak, kopi bathokku potonen ya.. (Mbak, kopi bathokku difoto ya..)” begitu kata mak’e, sapaan akrab penjual kopi bathok.

Berbahan utama kopi dan kuning telur ayam jawa, diracik dengan bahan ‘rahasia’ kopi ini menjadi menu andalan. Kata mak’e, Kopi Bathok memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Salah satunya adalah menambah tenaga dan mengurangi rasa lelah di sekujur badan. Uniknya lagi, kopi ini disajikan dalam gelas kecil yang terbuat dari bathok atau tempurung kelapa.
“Pakai kopi sama kuning telur ayam jawa, yang lainnya rahasia. Sing marai istimewa kui enek ‘goyang inul’ e mbak. Kopine jos!! Awak lungkrah langsung sehat,” kata mak’eyang memang senang bercanda dengan para pelanggan.
Kopi yang dipakai mak’e merupakan kopi yang dia goreng sendiri dan disimpan di dalam wadah batok. Jika dirasakan dengan teliti, terasa ada rempah-rempah dalam kopi buatan mak’e.Rasa rempah yang kuat inilah yang mengaburkan rasa amis walaupun kopi bathok dicampur dengan kuning telur ayam kampung.
Kopi bathok mak’e ini dinilai unik di kalangan peminatnya. Misalnya Tegar, salah satu peminat angkringan Kopi Bathok, ia pernah sekali mencoba kopi bathok buatan mak’e.
“Lumayan enak lah. Gawe rempah-rempah. Gak terlalu amis juga soalnya kan rempah dalam kopinya kuat.” tutur Tegar yang ditemui di angkringan kopi Batok.
Tegar adalah salah satu pelanggan setia Angkringan Kopi Bathok. Ia sering datang ke angkringan ini dan sudah pernah menjajal semua minuman yang ada di sini. Baginya, kopi di Angkringan Kopi Bathok adalah yang paling ia gemari.
“Paling seneng sama kopinya, mbak. Beda, kaya ada rasa rempah pala gitu. Tapi gak tau juga ya itu beneran pala apa bukan.” tambah Tegar sambil tertawa kecil.

Harga yang ditawarkan di sini tergolong sangat murahh Aneka minuman di angkringan ini dihargai mulai dari Rp. 2.000 saja. Selain itu, untuk teman minum, di sini juga menyediakan berbagai macam jajanan dan nasi kucing. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp. 1000 untuk jajanannya, dan Rp. 3000 untuk nasi kucing.
Bagi Anda yang berdomisili di Ponorogo atau sedang berkunjung ke Ponorogo, angkringan ini bisa dijadikan referensi untuk dikunjungi. Cobalah uniknya kopi bathok spesial goyang inul buatan mak’e. Selamat berwisata, selamat mencoba!
Kontributor : Oldina Novalia Rahmadaniar.

Artikel Terkait

Kopi Batok Ponorogo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email