Sunday, March 6, 2016

Paket Jelajah Wisata Desa Krisik Ponorogo



Keindahan alam dan suasana tenang selalu menyelimuti desa ini. Sejauh mata memandang, hamparan sawah berundak milik warga membentuk relief di antara perbukitan. Sepanjang jalan menuju desa ini, dominasi warna hijau yang begitu segar memanjakan mata. Udara sejuk dan dinginnya air ala pegunugan pun begitu menyegarkan.
Desa Krisik, surganya pecinta alam. Banyak hal membanggakan di desa ini yang belum banyak diketahui. Potensi wisata, bisnis pertanian, dan peternakan menjadikan desa ini bagai tanah surga. Hamparan kebun sayur, peternakan sapi milik warga, air terjun tiga tingkatan, dan hutan pinus semakin menambah keindahan panorama desa. Berkunjung ke desa Krisik, kita akan membawa pulang kenangan dan pengalaman baru yang tidak pernah terlupakan.
Agrowisata Sayur Tempatan
Seperti Kecamatan Pulung, Desa Krisik yang terletak beberapa kilometer dari Kecamatan Pulung ini awalnya juga terkenal dengan tanaman jeruk keproknya. Seiring berjalannya waktu, masyarakat desa Krisik kemudian mengembangkan potensi lahan menjadi aneka tanaman sayur yang bervariatif. Sayur mayur seperti kubis, wortel, daun prei, dan sawi, menjadi produk sayur unggulan. Tidak hanya itu, desa Krisik juga menghasilkan tanaman cengkeh, rimpang jahe, jagung dan ketela dengan kualitas terbaik.
Produk desa Krisik memang sangat membanggakan dengan jaminan kualitas terbaiknya. Jalur distribusinya pun juga semakin meluas hingga Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Magetan. Jadi tidak heran jika hasil bumi desa Krisik menjadi primadona baik di dalam maupun di luar kota.
Masyarakat yang sangat ramah menambah kenyamanan kita saat berkunjung. Dengan senang hati, kita dipersilahkan ikut menanam atau memanen sayuran di kebun yang terletak di lereng Gunung Wilis ini. Jangan lupa, bawalah pulang sayur hasil kebun petani setempat sebagai buah tangan Anda.
Wisata Edukasi Olahan Susu Sapi Murni
Selain agrowisata, desa Krisik juga menyuguhkan wisata edukasi memerah susu sapi dan pengolahannya. Tidak hanya memberikan hasil susu sapi murni, sejak tahun 2014 desa Krisik telah memekarkan sayapnya merambah bidang usaha pengolahan susu sapi. Produk yang dihasilkan berupa susu murni pasteurisasi, yoghurt, dan es krim dengan jumlah hingga 1000 cup setiap produksi.
Para peternak sapi di desa Krisik memerah susu sapi sebanyak dua kali sehari, jam 6 pagi dan jam 4 sore. Sementara pengolahan susu sapi menjadi beberapa produk dilakukan setiap hari Selasa. Susu perah di desa ini sudah teruji memiliki kuliatas terbaik. Karena kualitas yang sangat memuaskan inilah desa Krisik menjadi salah satu pemasok susu perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti Nestle dan Indomilk.
Dapatkan pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan dengan ikut memerah susu sapi di peternakan milik warga. Pengunjung akan didampingi oleh peternak saat memerah susu sapi. Dengan sangat sabar, para peternak memberikan arahan hingga pengunjung bisa memerah susu sapi dengan benar. Jangan khawatir, sapi-sapi perah di sini sangat jinak dan tetap jinak walaupun cara kita belum tepat.
Wisata Adveture Coban Lawe
Tidak jauh dari lokasi perkebunan, desa Krisik mempunyai permata wisata yang begitu indah. Air terjun Coban Lawe tersembunyi dibalik hutan pinus dan lebatnya rumput gajah yang memang sengaja ditanam oleh warga.
Keadaan alam sepanjang jalan menuju Coban Lawe memang masih perawan. Untuk sampai di lokasi, kita akan meleawati jalan yang cukup menantang namun mengasyikkan. Mengendarai motor membelah hutan pinus, melewati jalan setapak dan berbatu menjadi tantangan tersendiri. Terlebih jika tanah lembab, motor memang rawan terpeleset. Jalanan yang hanya bisa dilalui satu motor dan di sisi kanan terdapat jurang cukup dalam membuat kita sejenak lupa bernafas. Kita harus sangat hati-hati saat melintasinya.
Di dekat air terjun, warga telah menyediakan lahan parkir. Dari sana kita masih perlu berjalan melewati jalan setapak dan sungai-sungai kecil. Dari sini, suara gemericik air terjun sudah menyambut seakan menarik kita untuk segera sampai lokasi. Nyanyian burung-burung juga menemani perjalanan kita menuju Coban Lawe.
Setelah berjalan menyibak semak, sampailah kita di Coban Lawe. Keindahan air terjun di depan mata membuat kita lupa akan rasa lelah. Air yang tidak pernah kering walau musim kemarau terjaga kebersihannya. Jernih, dingin, dan sangat segar. Aliran airnya deras dengan arus yang sangat tenang membuat kita ingin berlama-lama di sini dan melupakan rutinitas kegiatan di kota.
Bagi Anda yang tertarik mengunjungi suasana indah sudut kota Ponorogo, kami menyediakan paket Jelajah Wisata Desa Krisik dengan paket : wisata perkebunan sayur, wisata alam adventure Coban Lawe, dan wisata edukasi memerah susu sapi.

Info lebih lanjut : TIC Ponorogo (0352 - 482169)

Artikel Terkait

Paket Jelajah Wisata Desa Krisik Ponorogo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email