Thursday, January 28, 2016

Watu Semaur

Watu Semaur
Watu Semaur dalam bahasa indonesia berarti "Batu Menjawab". Terletak di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Dikatakan Watu Semaur jika orang berteriak di sekitar situ akan menggema seperti ada orang yang menjawab (semaur). Untuk menuju ketempat ini sangat mudah karena terletak di pinggir jalan besar antara Kecamatan Ngrayun ke arah Panggul Trenggalek. Terletak diantara rindangnya hutan pinus dan persawahan penduduk, bila kita melewatinya pasti akan tergonda untuk berhenti menikmati keindahan Watu Semaur.

 
persawahan watu semaur

Dibalik keindahan nya, dari cerita beberapa orang di sekitar watu semaur memiliki cerita  dan masih dipercayai oleh penduduk sekitarnya  sampai saat ini. Legenda nya bermula dari sebuah kepercayaan jika hutan ini sangat angker. Jika ada pasangan pengantin baru belum lima hari menikah tidak boleh lewat hutan tersebut tanpa ada yang menemaninya. Suatu hari ada pasangan pengantin yang terpaksa melewati hutan tersebut berdua dengan pasanganya. Saat lewat hutan pengantin pria tiba tiba ingin buang air kecil, kemudian si pria menyuruh si wanita untuk menungguinya di tempat. Si wanita pun berjalan mencari tempat  yang nyaman untuk menunggu si pria sedang buang air. Kemudian si pria berniat mencari istrinya sambil memanggil manggil nama si wanita. Panggilan si pria  dijawab si wanita, namun ternyata si wanita tidak ditemukan. Akhirnya si pria kelelahan dan berhenti mencari, ditempat berhenti itulah si pria berubah menjadi sebuah batu dan dinamakan Batu Kodok yang terdapat sebelum Watu Semaur. Sedangkan si wanita berubah menjadi Watu Semaur.

Bila kita ingin ke Watu Semaur dari Alun2 Ponorogo menuju ke arah pacitan belok kiri tepat di perempatan dengok (gontor 2) sampai perempatan jetis ambil arah kanan lurus arah Kecamatan Ngrayun, lanjut arah Panggul Kecamatan Trenggalek.

Foto  Shandy A A Miraza  

Artikel Terkait

Watu Semaur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email