Wednesday, February 24, 2016

36 Tempat Wisata Terbaik di Jember Jawa Timur

Jember adalah sebuah wilayah kabupaten yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jember berada di lereng Pegunungan Yang dan Gunung Argopuro membentang ke arah selatan sampai dengan Samudera Indonesia. Dalam konteks regional, Kabupaten Jember mempunyai kedudukan dan peran yang strategis sebagai salah satu Pusat Kegiatan Wilayah (PKW).

Jember merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata pantai, wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Jember, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan ataupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 36 daftar Tempat Wisata Terbaik di Jember yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Jember

1. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)


Tempat wisata paling populer di Jember salah satunya adalah Pantai Papuma. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan bersih membuat keindahan pantai ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke sini. Lokasi pantai Papuma ada di di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, jaraknya kira” 45 km dari kota Jember. Di sekitar pantai juga ada banyak sekali tempat penginapan, dari yang mahal sampai yang murah meriah. Di sekitar pantai ini juga ada sebuah goa lawa yang menarik untuk dikunjungi, menurut mitos masyarakat, goa lawa merupakan tempat bersemayam putri penguasa laut selatan. dan juga tempat bertapa Kyai Mataram.

2. Pantai Watu Ulo


Tempat wisata pantai di Jember yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Watu Ulo, karena letaknya bersebelahan dengan pantai Papuma. Di sekitar pantai ini anda bisa menemukan penjual aneka aksesoris yang terbuat dari dasar laut. Di pantai ini selalu diadakan acara Pekan Raya di setiap tahunya tepatnya pada tanggal 1-10 syawal. Pemandangan di sekitar pantai ini sangat mempesona, anda akan betah berlama-lama di pantai ini. Lokasi Pantai Watu Ulo bersebelahan dengan Pantai Papuma. Lokasi kedua pantai ini sekitar 40 km dari kota Jember. Nama Watu Ulo sendiri diambil karena pantai ini terdapat susunan batu (watu) yang memanjang seperti ular (ulo). Batu - batu tersebut tersusun dari pesisir pantai hingga ke tengah laut.

3. Pantai Bandealit 


Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jember, terutama bagi mereka yang suka dengan olahraga air seperti body surfing. Anda bisa menyewa perlengkapan untuk body surfing yang telah disediakan pihak pengelola pantai. Ada banyak pilihan lain selain body surfing, anda bisa memilih berkano, menyusuri sungai dengan menggunakn speedboot, ataupun melihat banyak burung yang hiup di kawasan tersebut. Di sekitar pantai, disini ada Green House yang menjadi rumah bagi bunga anggrek, anda bisa melihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor. Selain wisata pantainya, ada beberapa obyek wisata di kawasan ini, yaitu Green House, di sini anda dapat mlihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor.

4. Pantai Puger 


Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang selalu ramai oleh wisatawan. Di sekitar pantai Puger juga terdaoat tempat pelelangan ikan, anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Anda juga bisa melihat Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya. Pantai Puger Jember adalah salah satu tempat wisata di jember yang paling ramai di kunjungi, terutama segmen anak muda yang paling menyukai pantai ini untuk tempat hiburan yang menarik. Pantai Puger adalah tempat yang cocok bagi mereka yang hobi memancing. Di Pantai Puger terdapat tempat pelelangan ikan, di sini menjual ikan segar. Selain wisata yang di tawarkan Pantai Puger, terdapat juga Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya

5. Pantai Paseban 


Pantai ini memiliki pasir purih yang cantik. Air lautnya yang jernih serta pemandangan sekitar yang mempesona membuat anda akan merasakan kedamaian. Disini juga menjadi tempat bermain air atau mandi-mandi yang tepat, karena ombaknya tidak besar, bahkan relatif tenang sekali. Oleh karena itu, banyak anak-anak suka bermain di sini karena ombaknya aman untuk berenang. Kalau Anda termasuk orang yang suka berenang, silahkan mampir saja ke pantai ini. Anda bisa menjangkau lokasi dalam waktu kurang lebih 1 jam melalui Jl. Tanggul—Kencong

6. Pantai Payangan


Keberadaan pantai Payangan ini belum diketahui oleh banyak orang. Walau tak memilki pasir putih seperti pantai-pantai di Indonesia timur, pesona pantai Payangan tak kalah asik. Pantai ini terutama sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang sering mengeksplor tempat-tempat baru. Pantai Payangan merupakan sebuah pantai yang cukup unik. Di pantai ini terdapat bukit-bukit yang cukup tinggi, mengingatkan kita pada pada pantai Mawun di Lombok. Banyak nelayan yang melakukan aktivitas di pantai yang membuat kunjunganmu ke pantai ini akan semakin bermaknda ketika menyaksikan bagaimana para nelayan beraktivitas

7. Pantai Rowo Cangak


Pantai Rowo Cangak adalah salah satu dari sekian pantai yang belum dikembangkan secara optimal untuk berwisata, dari segi sarana dan fasilitas jelas kurang memadai, namun kita bisa menikmati susana pantai yang sesungguhnya dan benar benar merasakan dekat dengan alam. Disini, sepanjang garis pantai terlihat bersih tanpa sampah dan hanya suara ombak yang kita dengar lengkap dengan suasana eksotis khas pantai selatan.

8. Air Terjun Tancak 


Air terjun ini berada di daerah perbukitan Tancak, lebih kurang 16 Km arah barat daya kota Jember. Dengan ketinggian sekitar 82 m dan debit air 150 Meter kubik/ detik. Untuk menuju Air Terjun Tancak anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Jember dan menuju Desa Suci, lokasi air terjun ini berada. Perjalanan menuju air terjun dilanjutkan berjalan kaki kira – kira sejauh 3 kilometer dari Desa Suci. Air terjun ini berada di lereng gunung Argopuro pada ketinggian sekitar 900 mdpl sehingga bisa dibayangkan kesejukan udara di sekitar sana. Nama air terjun ini adalah Air Terjun Tancak. Air terjun Tancak berada di sekitar kawasan perbukitan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang. Mendengarkan gemuruh air yang jatuh dari ketinggian merupakan sebuah ketenangan tersendiri. Selalu menyenangkan untuk menyaksikan air terjun jatuh dari ketinggian di alam terbuka

9 Air Terjun Tancak Tulis 


Air Terjun Tancak Tulis ini ada di Dusun Tulis, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Jember. Namanya sama dengan air terjun tancak, tapi lokasi dan sensasinya berbeda. Air terjun ini merupakan yang paling tinggi di Jember dan karena ketinggiannya yang mencapai lebih dari 250 meter serta puncak air terjun ini yang sering tertutup kabut atau awan, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai “air terjun dari langit”. Untuk menuju ke lokasi air terjun tancak tulis anda akan melewati perkebunan Zeelandia Afdeling Sumber Bulus. Air terjun ini terletak di daerah perbukitan Tancak, lebih kurang 16 Km arah barat daya kota Jember. Dengan ketinggian sekitar 82 m dan debit air 150 Meter kubik/ detik. Untuk menuju Air Terjun Tancak anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Jember dan menuju desa suci, lokasi air terjun ini berada. Perjalanan menuju air terjun dilanjutkan berjalan kaki kira - kira sejauh 3 kilometer dari Desa Suci

10. Air Terjun Antrokan 


Air terjun ini berada di di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jember, Air Terjun Antrokan ini lebih rendah dibandingkan Air Terjun Tancak dan jaraknya pun lebih pendek sekitar setengah jam berjalan kaki dari peberhentian terakhir anda melewati jalan setapak. Air Terjun Antrokan ini memiliki tinggi sekitar 15 meter. Tidak terlalu tinngi memang, debit airnya juga tidak terlalu besar, tapi justru itu bisa membuat kita jadi merasa aman dan nyaman ketika duduk di atas kayu tua di depannya.

11. Air Terjun Sumber Salak


Air terjun Sumber Salak letaknya tersembunyi yang bahkan tidak semua penduduk sekitar tahu keberadaannya. Kalau mau mengunjungi tempat ini kamu harus sering-sering bertanya pada warga setempat yang tahu persis lokasinya. Siapkan pula kendaraan tempur yang prima sebab medan yang dilalui cukup berat. Pemandangan air terjun ini akan menghapus penat yang kamu dapat selama perjalanan. Keindahannya mengingatkan kita pada Air Terjun Niagara namun dalam ukuran mini. Untuk mendapatkan view yang indah kadang kita harus blusukan ke dalam hutan. Begitu pula di Jember ini, para pecinta petualangan akan dimanjakan dengan kondisi alamnya yang masih perawan yang di dalamnya tersimpan tempat keren yang tidak banyak diketahui traveler lain. Adalah Air Terjun Sumber Salak yang terletak di dalam hutan desa Sumbersalak, kecamatan Ledokombo.

12. Air Terjun Lereng Raung 


Air Terjun Lereng Raung berada di 32 Km arah timur laut Jember, dimana terdapat tiga jenis air terjun dengan ketinggian masing-masing 25 M. Jarak antara satu air terjun dengan lainnya harus ditempuh dengan jalan kaki sepanjang 1,5 Km menyusuri sungai. Nama air terjun ini berasal dari nama sumber air terjun itu sendiri yaitu Gunung Raung. Tepatnya terletak di desa Rowosari, kecamatan Sumberjambe, Jember. Suasana yang hijau dan asri ditambah dengan aroma buah durian yang semerbak dari pohonnya akan mengiringi perjalanan anda ke puncak air terjun ini.

13. Air Terjun Manggisan



Air Terjun Manggisan terletak di 35 Km arah barat Kota Jember dengan ketinggian 54 M. Debit air terjun ini 198 liter per detik dan dengan javascript:void(0);kadar kejernihan yang bagus dan didukung dengan suasan hijau disekitar bukit. Pengunjung yang melewatkan waktunya di air terjun ini juga bisa memancing di kolam yang disediakan oleh masyarakat sekitar. Nyamannya suasana di sekitar air terjun mampu menghilangkan penat di sela kesibukat selama 5 hari kerja.

14. Air Terjun Watu Ondo 



Watu Ondo adalah salah satu magnet yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Jember. Terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Kecamatan Tempurejo. Untuk lebih mudahnya bisa mengunjungi Perkebunan Kotta Blater terlebih dahulu. Untuk menuju Watu Ondo, kita harus melewati perumahan yang dihuni oleh pekerja perkebunan berplat merah ini. Sebuah banner besar sudah menyambut wisatawan yang menunjukkan mereka sudah sampai di jalur berjalan kaki (trekking). Lahan parkir sudah disiapkan oleh warga sekitar yang tergabung dalam perkumpulan pemuda-pemuda masjid. Dari namanya saja sudah jelas jika lahan parkir terletak di dekat masjid.

15. Pemandian Kebon Agung



Pemandian Kebon Agung berlokasi di Kaliwates, Jember. Terdapat 2 buah kolam renang dengan sumber air yang alami dialirkan langsung dari mata air Watu Remuk. Tersedia kolam untuk dewasa dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional. Tersedia juga berbagai fasilitas pendukung, sepertihotel, restoran, dan taman bermain. Anda ingin bermain air? Pemandian Kebon Agung bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasi pemandian ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Jember. Terdapat 2 buah kolam renang dengan sumber air yang alami dialirkan langsung dari mata air Watu Remuk. Tersedia kolam untuk dewasa dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional. Di sekitar pemandian tersedia juga berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan taman bermain.

16. Pemandian Patemon 



Pemandian Patemon merupakan salah satu pemandian yang populer di Jember. Lokasinya berjarak sekitar 30 Km arah barat dari kota Jember, dengan ketinggian lebih kurang 500 m dpl. Sumber air di pemandian Patemon berasal dari mata air lereng Pegunungan Argoporo. Pemandian ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, terlebih pada sa’at hari libur dan akhir pekan. Jika anda ingin refreshing serta berlibur, disinilah tempatnya. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman – teman. Sumber air di pemandian Patemon berasal dari mata air lereng Pegunungan Argoporo. Pemandian ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, terlebih pada sa'at hari libur dan akhir pekan.

17. Pemandian Rembangan 



Pemandian Rembangan Lokasinya berada di Puncak Rembangan, selain dapat menikmati pemandangan sekitar anda juga bisa menikmati fasilitas pemandian. Terdapat pemandian, hotel, dan agrowisata perkebunan kopi milik PTP Nusantara XII dan juga peternakan sapi perah, Anda dapat langsung melihat proses pemerahan susu sapi dan dapat membeli susu sapi segar dengan jumlah literan. Di kawasan ini suhunya sangat sejuk dan udaranya masih sangat bersih dan segar, sangat bagus untuk tubuh Anda. Sangat cocok sekali untuk kita yang menginginkan suasana damai dan tenang.

18. Pemandian Oleng Sibutong



Pemandian Oleng Sibutong Pemandian ini berjarak sekitar 10 km arah utara kota Jember merupakan lokasi wisata yang sangat sesuai untuk rekreasi keluarga. Nama Oleng Sibutong, berasal dari nama ikan Uling, sejenis belut yang buntung, yang secara logat madura disebut Butong. Menurut legenda rakyat setempat, pernah ada belut tanpa ekor. Penduduk asli menyebutnya Butong (Madura). Belut ini dapat dilihat oleh orang-orang pada hari-hari tertentu dan dikatakan bahwa mandi di air dan minum dapat menyehatkan dan bikin awet muda. Para pengunjung dapat mencapainya dari pusat kota dengan mobil sewaan atau angkutan umum dalam waktu sekitar 20 menit. Kunjungi ini kolam renang legenda dengan keluarga, teman atau orang lain.

19. Situs Duplang 



Situs Duplang, situs ini berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Di sana Anda bisa menemukan koleksi dari jaman Megalitikum seperti kubur batu, menhir hingga batu kenong. Ditambah juga ini menguatkan bukti bahwa di desa setempat pada jaman purba sudah ada manusia purba yang hidup menetap berkelompok dan mulai bercocok tanam. Situs Duplang memiliki beberapa koleksi peninggalan masa megalitikum di antaranya kubur batu, batu kenong, dan menhir. Di Situs Duplang terdapat berbagai benda purba zaman megaliticum seperti kubur batu, batu kenong, dan menhir. Menurut pak Darman, juru pemelihara situs Duplang, situs ini sudah ada sejak tahun 4 Masehi. Situs ini juga cukup sering dikunjungi oleh mahasiswa dan juga peneliti untuk melakukan penelitian

20. Kawasan Puncak Rembangan 



Puncak? Bukannya puncak itu adanya di Bogor? Ternyata salah, puncak tidak hanya terdapat di Bogor. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan di Puncak Rembangan yang memiliki ketinggian sekitar 650 DPL. Untuk mencapai Puncak Rembangan kita harus menempuh perjalanan sekitar 15 km arah utara kota Jember. Kawasan wisata Rembangan menyajikan wisata pegunungan dan agrowisata. Puncak Rembangan juga mempunyai tempat pemandian  dengan air alami yang terawat kebersihannya. Dari tempat ini anda bisa melihat Kota Jember dan sekitarnya. Wisata Rembnngan ini memiliki daya pikat yang hampir sama seperti yang ada di wisata Puncak Bogor. Silakan menikmatinya sambil melahap pisang keju dan teh jahe spesial. Dari tempat ini anda bisa melihat Kota Jember dan sekitarnya. Wisata Rembnngan ini memiliki daya pikat yang hampir sama seperti yang ada di wisata Puncak Bogor.

21. Loko Lori 



Loko lori merupakan salah satu destinasi wisata unik di Jember. Sebenarnya lori ini merupakan pembawa hasil perkembunan. Belum banyak masyarakat yang tahu adanya wisata loko antik ini karena kebanyakan kegiatan wisata Parik Gula jarang terekspose keluar, selama ini yang tahu hanya para fanatik sejarah dan turis asing yang rutin datang tiap tahunnya. Padahal Pabrik Gula ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang masyarakat belum tahu. Kita tidak hanya bisa ke museum-museum untuk melihat lokomotif kuno, di Pabrik Gula juga menyimpan banyak loko antik kuno peninggalan sejarah yang nyata masih berfungsi.

22. Perkebunan Teh Gunung Gambir 


Perkebunan Teh Gunung Gambir. Lokasinya ada di 48 Km arah timur laut Kota Jember. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut. Perkebunan teh Gunung Gambir terletak di lereng gunung Argopuro dan merupakan penghasil teh yang cukup potensial. Di sini pengunjung bisa menyaksikan para pemetik teh bekerja dan melihat bagaimana proses pembuatan teh hingga siap minum. Selain itu disediakan juga fasilitas seperti lapangan tenis, kolam renang, taman bermain dan masih banyak lagi untuk mendukung liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung.

23. Taman Botani Sukorambi



Taman botani merupakan tempat wisata keluarga yang populer di kota jember, taman botani ini menyuguhkan keindahan alam, beragam macam tumbuhan bisa anda jumpai ditaman ini, pemandangan lembah menawan yang dikelilingi oleh hamparan sawah yang luas dan sejuknya hembusan angin akan membuat anda betah berada di taman botani ini. Mahasiswa Biologi pasti akan sangat datang ke tempat ini. Taman Botani Sukorambi merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan ratusan jenis tamanan bunga dan herbal. Namanya juga taman botani, bermacam-macam tananan terdapat di tempat ini. Taman Botani Sukorambi sebuah taman yang memiliki luas sekitar 4,5 ha. Di Taman Botani Sukorambi kamu bisa menemukan lebih dari 300 spesies tanaman herbal dan juga lebih dari 200 jenis bunga. Selain tanaman sebagai objek utama, di taman ini juga dibangun beberapa fasilitas lain sebagai pendukung antara lain kolam ikan, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, kafe serta perpustakaan yang memiliki 500 judul buku dan jurnal

24. Teluk Love Jember


Wisata yang satu ini merupakan bagian dari pantai payangan dan juga merupakan tempat wisata terbaru di jember  tepatnya berada di bagian timutnya pantai payagan yang dipisahkan dengan Bukit, jika anda berkunjung ke pantai payangan maka sangat disayangkan jika melewatkan keindahan Teluk Lobe tersebut, untuk mencapai teluk love ini anda cukup berjalan kaki kurang lebijhnya 30 menit anda akan sampai ke teluk tersebut, jika dari area parkir pantai payangan, keindahan teluk love ini bisa anda saksikan dari atas bukit yang dikenal dengan nama bukit domba, kenapa dijuluki bukit domba, karena di sekitar area bukit terdapat beberapa domba milik masyarakat setempat yang juga ikut menyaksikan keindahan pantai tersebut, untuk menyusuri bukit tersebut, bukitnya tidak terlalu tinggi kok , kurang lebih 15menit anda akan sampai di puncak bukit domba tersebu.

25. Wisata Agro Kopi dan Kakao



Obyek wisata ini dimiliki oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao berada di Kebun Percobaan Kaliwining Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji yang berjarak sekitar ± 20 km arah selatan kota Jember. Daya tarik yang ditawarkan adalah melihat budidaya tanaman kopi, kakao, tembakau, karet dan jati pusaka, melihat prosesing benih kakao, melihat gudang pengering tembakau konvensional, melihat aktivitas penelitian di laboratorium, melihat aktifitas di kebun, serta pembelian bibit di lokasi.

26. Pulau Nusa Barong



Kawasan Nusa Barong adalah sebuah pulau yang merupakan cagar alam dengan luas 6.100 ha. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah. Lokasi objek wisata ini ada di Kecamatan Puger atau Kencong yang berjarak ± 40 km ke arah selatan dari kota Jember terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia.

27. Pabrik Kopi Gumitir



Pabrik Kopi Gumitir yang menawarkan ecotourism. Di kawasan pabrik kopi peninggalan Belanda ini kamu bukan sekedar diajak berkeliling melihat produksi kopi saja namun juga jalan-jalan berkeliling kebunnya plus melihat bekas terowongan kereta api. Fasilitas tambahan yang membuatmu akan betah berlama-lama di kawasan tersebut adalah adanya area outbond dan juga flying fox. Kawasan perbukitan dan persawahan warga di sekitar lokasi membuat suasana makin segar dan nyaman. Kebanyakan traveler paling suka bersantai di kawasan rest area dan cafe Gumitir yang menyediakan tempat nongkrong berbentuk kursi raksasa yang apik untuk difoto.

28. Museum Tembakau



Sebagai sebuah wilayah yang mendapat julukan sebagai kota Tembakau maka tidak lengkap jika berkunjung ke sana namun tidak mengunjungi ikon kota ini. Adalah Museum Tembakau yang terletak di UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau. Wisatawan yang berkunjung nantinya akan diajak berkeliling langsung ke petani tembakau. Di dalam museum ini dilengkapi pula dengan perpustakaan yang mengoleksi aneka buku pengetahuan seputar tembakau mulai dari penanaman hingga pengolahan. Disediakan pula LCD besar yang akan memutarkan film-film dokumenter mengenai perkembangan pertanian tembakau sejak zaman dahulu.

29. Taman Nasional Meru Betiri



Sebagian kawasan Jember masuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri bersama dengan Banyuwangi. Wisatawan ditawari model berwisata petualangan di hutan dan pantai. Taman nasional ini menjadi area konservasi bagi flora langka seperti Rafflesia Zollingeriana dan hewan endemik jawa seperti harimau Jawa, rusa, penyu belimbing dan masih banyak lagi. Karena ini adalah kawasan Taman nasional yang dilindungi maka pantai-pantai yang berada di dalamnya masih sangat perawan seperti Pantai Bandealit. Dari Jember taman nasional ini bisa diakses melalui Ambulu menuju Tempurejo, Curahnongko dan terkahir di Andongrejo sebagai pintu gerbang taman nasional.

30. Mumbul Garden Jember



Wisata Agro? Mumbul Garden Jember Pilihannya!. Para Penelusur pernah belum menelusuri wisata agro?, wisata yang sangat bagus dengan alamnya, cobain nih wisata agro Mumbul Garden yang sangat terkenal ini di jember. Mumbul Garden terletak di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari sekitar 7 km ke arah selatan dari pusat kota Jember. Dan merupakan salah satu obyek wisata baru milik PTPN XII (Persero) Kebun Mumbul. Para Penelusur pasti senang banget kalo berwisata di Mumbul Garden ini, karena memadukan konsep wisata air dan dunia wisata perkebunan Karet, Sengon laut, Tebu, Pisang dan Buah Naga dengan luas lahan sekira 24 ha, jadi suasana terasa sejuk dan adem. Karena dapat menikmati wisata air dan menjelajah perkebunannya. Selain itu juga Para Penelusur juga bisa memperoleh pengetahuan seputar tata cara bercocok tanam aneka jenis tanamannya. Mulai dari proses penanaman bibit, perawatan, hingga proses panen. Di Umbul Garden ini dikembangkan juga wisata agro kebun pepaya dan pisang, dimana pada hari-hari tertentu Para Penelusur bisa memetik sendiri buah pepaya yang sudah masak tapi biasanya melalui perjanjian dengan pihak pengelola.

31. Kimo Swimmingpool


Satu lagi pemandian di Jember yang bisa menjadi alternatif rekreasi keluarga disaat liburan atau akhir pekan, Kimo Swimmingpool – hanya berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kota, menyediakan sebuah kolam renang di tengah taman dengan bermacam bunga dan pepohonan yang asri. Pihak management Dammiq sepertinya paham betul akan kebutuhan masyarakat Ambulu dan sekitarnya. Fasilitas yang diberikan dapat mengakomodir kebutuhan seluruh keluarga saat berwisata, para orang tua bisa berbelanja aneka kebutuhan dan anak-anak bisa puas bermain di tiga kolam renang yang disediakan. Lokasinya sangat mudah dijangkau, dari arah Jember sampai di traffic light Ambulu belok kiri, ikuti saja jalan tersebut kira” 3,5 km ke arah timur.

32. Wisata Agro Glantangan (WAG)



Wisata ini berada di Glantangan. Bagi yang belum pernah dengar. Glantangan berada di Kecamatan Tempurejo. Dari kota Jember kira-kira jaraknya 35 km ke arah tenggara. Sejumlah fasilitas yang sudah ada yakni sepeda air (water cycle), kolam renang anak-anak, 'flyng fox', kereta wisata dan berkendara menggunakan ATV. Pada hari-hari tertentu disediakan kuda untuk mereka yang ingin mengendarai kuda," tuturnya. Wisata Agro Glantangan dilengkapi dengan sebuah kolam air mirip rawa-rawa yang dihiasi dengan tanaman teratai berwarna merah muda terlihat cukup cantik dan membuat suasana agrowisata tersebut semakin indah. Kolam air tersebut dipergunakan untuk wahana permainan sepeda air yang bentuknya seperti bebek dengan cat warna-warni yang unik, sehingga wisatawan nyaman untuk menggunakan sepeda air berkeliling kolam air nan indah itu. 

33. Agrowisata Tembakau



Jember adalah kota tembakau. Lambang Kabupaten Jember menyatakan dengan jelas tentang hal itu. Tembakau Jember sangat terkenal di luar negeri sebagai salah satu bahan pembungkus/wrapper cerutu terbaik di dunia. Saat musim tanam, sepanjang mata memandang akan terlihat hamparan tanaman tembakau yang dinaungi oleh atap jaring berwarna putih yang disebut waring. Di pusat industri Bobbin yang dikelola oleh PTPN X di Desa Candijati Kecamatan Arjasa, 10 km ke arah utara kota Jember, wisatawan dapat melihat proses pembuatan cerutu sekaligus membelinya sebagai suvenir khas Jember. Di sini dibuat dan dipamerkan cerutu berbagai jenis dan ukuran yang sebagian besar dikirim ke manca negara.

34. Waterboom Niagara 



Waterboom Niagara merupakan tempat wisata Jember di kawasan Ambulu yang masih tergolong baru, dengan berbagai fasilitas taman air.  Tersedia 2 buah kolam di dalam taman air ini, yakni kolam besar sedalam 160 cm untuk dewasa & remaja. Dan satunya lagi kolam yang lebih kecil dengan kedalaman 6 cm untuk anak - anak. Disini anda bisa mengajak anak - anak ataupun keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur. Waterboom ini sangat cocok sekali untuk bermain anak-anak, disini ada 2 buah kolam di dalam taman air ini, yakni kolam besar sedalam 160 cm untuk dewasa & remaja. Dan satunya lagi kolam yang lebih kecil dengan kedalaman 6 cm untuk anak – anak. Disini anda bisa mengajak anak – anak ataupun keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur.

35. Tiara Waterpark



Tiara Waterpark merupakan salah satu taman wisata air yang paling ramai dikunjungi di Jember. Tiara Waterpark hanya berjarak lebih kurang 2 Km dari Universitas Jember. Tiara Waterpark menjadi salah satudestinasi wisata favorit di Jember yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya. Lokasi Tiara Waterpark ini berdekatan dengan Universitas Jember, berjarak sekitar 2 KM saja. Untuk masuk ke Tiara Waterpark mulai pukul 17.00 tidak dipungut biaya untuk Non Waterboom. Tersedia juga Cafe Area( free wifi & free karaoke). Tiara Waterpark buka sampai jam 10 malam. Kita bisa bermain sepuasnya dari jam 5 sore sampai 10 malam tanpa dipungut biaya, selain itu kita juga bisa online gratis dan karokean sepuasnya. Tiara waterpark bisa menjadi tempat wisata gratis terfavorit di Jember. Tempat wisata ini menawarkan suasana bermain keluarga yang sangat mengasyikkan dengan bermacam - macam fasilitas permainan yang di sediakan. 

36. Jember Fashion Carnaval



Jember punya sebuah agenda tahunan yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata. Agenda tersebut adalah Jember Fashion Carnaval yang rutin diadakan setiap tahun sejak 2001. Festival ini mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya, tergantung dari trend yang sedang berkembang. Venue carnaval berada di jalan utama kota Jember. Festival ini mirip dengan Solo Batik Carnival yang juga merupakan agenda tahunan. JFC sering menjadi ajang untuk memperkenalkan pakaian-pakaian adat daerah di Indonesia. Tak cuma dari Indonesia, trend fashion dunia juga sering dijadikan kostum untuk dipamerkan. Buat kamu para penggemar fotografi, JFC bisa menjadi objek menarik untuk kamu buru. 

Artikel Terkait

36 Tempat Wisata Terbaik di Jember Jawa Timur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email